Dinas Perikanan dan Seluruh Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat yang ke 59 "Kerja nyata, Karya Bersama"

SOSIALISASI PENGEMBANGAN SISTEM RANTAI DINGIN DISKAN KAB KOBAR TA 2017

SOSIALISASI PENGEMBANGAN SISTEM RANTAI DINGIN  DISKAN KAB KOBAR TA 2017

SOSIALISASI PENGEMBANGAN SISTEM RANTAI DINGIN

DINAS PERIKANAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

TAHUN ANGGARAN 2017

 

Dinas perikanan kabupaten kotawaringin barat bidang pengembangan usaha perikanan yang di wakili oleh Ir. Anil Otor, M.Si Selaku kepala bidang pemberdayaan nelayan kecil dan usaha kecil pembudidayaan ikan membuka sosialisasi Sosialisasi Pengembangan Sistem Rantai Dingin/Cool Chain System (CCI) didampingi oleh Kepala Seksi Perizinan dan Pendaftaran Usaha Perikanan dan Seksi Pengelolaan TPI, Pengolah dan Pemasaran Hasil Usaha Perikanan dengan peserta 30 orang dari kelompok usaha perikanan dan beberapa perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat. kegiatan di laksanakan pada tanggal 23 November 2017 di Aula Hotel Andika Jl. Sultan Hasanudin, 51-A Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sedangkan untuk narasumber yaitu Indra Gunawan Selaku manajer PD. Jaya Sakti menyampaikan pentingnya Sistem Rantai Dingin (Cold Chain) dalam Implementasi Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) yang Berdasarkan keputusan mentri kelautan dan perikanan republik indonesia nomor 52A/KEPMEN-KP/2013 tentang persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan pada proses produksi, pengolahan dan distribusi.

Dengan maksud dan tujuan

  1. Maksut ditetapkannya keputusan menteri kelautan dan perikanan ini yaitu sebagai pedoman atau acuan bagi para pelaku usaha di bidang perikanan untuk menerapkan persyaratan dan keamanan hasil perikanan pada proses produksi, pengolahan dan distribusi.
  2. Sedangkan tujuan ditetapkannya keputusan mentri  kelautan dan perikanan ini yaitu untuk mendapatkan hasil perikanan yang memenuhi jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan.

Diharapkan dengan diadakan sosialisasi rantai dingin produk perikanan tersebut dapat membantu menambah pengetahuan masyarakat bagai mana cara mengolah produk hasil perikanan sehingga dapat  membangun ekonomi di Indonesia terutama di kabupaten kotawaringin barat itu sendiri Kita mempunyai sumber daya ikan di sambut dengan pengolahan produk-produk hasil perikanan yang baik dengan itu, diharapkan sentra pengoalahan ikan sistem rantai dingin terutama di kabupaten kotawaringin dapat menekan penggunaan bahan kimia terlarang/pengawet berbahaya.

 

Share This Post

Related Articles
Leave A Comment