Dinas Perikanan dan Seluruh Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat yang ke 59 "Kerja nyata, Karya Bersama"

SOSIALISASI PEMBINAAN KELOMPOK USAHA PERIKANAN (KUB) DISKAN KOBAR

SOSIALISASI PEMBINAAN KELOMPOK USAHA PERIKANAN (KUB)  DISKAN KOBAR

SOSIALISASI PEMBINAAN KELOMPOK USAHA PERIKANAN (KUB)

DINAS PERIKANAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

 

Dinas Perikanan (DISKAN) Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan kegiatan rutin pertemuan nelayan dan sosialisasi pembinaan kelompok usaha bersama (KUB) perikanan melalui program pengembangan perikanan tangkap dengan kegiatan pendampingan pada kelompok nelayan perikanan tangkap bertujuan dari sosialisasi terus mendorong usaha bersama kelompok perikanan di kabupaten kotawaringin Barat. Karena potensi sumber daya alam kelautan dan perikanan yang dimiliki kotawaringin barat, tersebar di berbagai wilayah perairan kotawaringin barat dengan panjang pantai 178 mil, Pengembangan usaha kelompok bersama perikanan di Kabupaten kotawaringin barat terkendala oleh keterbatasan kemampuan nelayan dalam mengakses sumberdaya, permodalan, teknologi, informasi maupun pemasaran hasil perikanan. Kondisi demikian telah mengakibatkan rendahnya pendapatan dan kesejahteraan nelayan. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan usaha nelayan melalui peningkatan skala ekonomi usaha dalam wadah Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Kelompok Usaha Bersama (KUB) perikanan adalah badan usaha non badan hukum ataupun yang sudah berbadan hukum yang berupa kelompok yang dibentuk oleh nelayan berdasarkan hasil kesepakatan/musyawarah seluruh anggota yang dilandasi oleh keinginan bersama untuk berusaha bersama dan dipertanggung jawabkan secara bersama guna meningkatkan pendapatan anggota.

Upaya pengembangan dan pembinaan usaha perikanan tangkap melalui KUB perlu didukung dengan pemahaman terhadap maksud dan tujuan maupun implementasi KUB, baik di kalangan nelayan maupun para aparatur pembina. Pemahaman yang baik dari para Pembina perikanan terhadap KUB tersebut dapat memberikan dorongan dalam penumbuhan, pengembangan, dan pembinaan KUB

 

perikanan secara optimal. Melalui pelaksanaan pembinaan KUB, diharapkan dapat tercapai KUB yang maju, mandiri dan memberi manfaat bagi peningkatan pendapatan nelayan. Selain itu diperlukan dukungan kebijakan operasional serta penyediaan pembiayaan yang memadai oleh Pemerintah, baik di tingkat Pusat maupun Daerah serta partisipasi aktif dari berbagai stakeholder, agar kegiatan pembinaan dan pengembangan KUB dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dalam upaya meningkatkan pembinaan perikanan tangkap skala kecil melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB), Dinas Perikanan pada tanggal 12 Oktober 2017 mengadakan pertemuan nelayan dengan berkoordinasi dan pembinaan terhadap KUB yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Pembinaan diadakan dalam rangka sosialisasi pembinaan kelompok usaha perikanan untuk nelayan yang diadakan oleh Dinas Perikanan kabupaten kotawaringin barat serta pengisian data profil KUB yang meliputi modal, produksi dan pendapatan nalayan.

Sosilaisasi dibuka kepaka bidang pemberdayaan nelan kecil dan usaha kecil pembudidaya ikan bapak Ir. Anil Otor, M.Si mewakili atas nama kepala Dinas dalam sambutannya menjelaskan proses pembentukan kelompok usaha bersama berdasarkan Permendagri No 14 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pemberian Hibah Dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari APBD.

Pangkalan Bun, 16 Oktober 2017

Share This Post

Related Articles
Leave A Comment