Dinas Perikanan dan Seluruh Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat yang ke 59 "Kerja nyata, Karya Bersama"

PELATIHAN MENEJEMEN USAHA PERIKANAN

PELATIHAN MENEJEMEN USAHA PERIKANAN

PELATIHAN MENEJEMEN USAHA PERIKANAN BAGI POKLAHSAR  KECAMATAN ARSEL, KECAMATAN KUMAI DAN KECAMATAN PANGKALAN LADA

Pembangunan pada bidang kelautan dan perikanan saat ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan dibidang perikanan dituntut memiliki kemampuan untuk menggali potensi produksi dan meningkatkan produktivitas sumber daya perikanan, sehingga hasil dari perikanan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pembangungan perikanan bertujuan untuk memperbaiki mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan pemberdayaan masyarakat/kelompok melalui program penyuluh perikanan dan pendampingan, dengan melaksankan pelatihan manajemen usaha perikanan bagi kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR).

          Usaha meningkatkan aktivitas perikanan harus didasari oleh adanya usaha mempengaruhi masyarakat/kelompok perikanan, dimana mereka harus dibimbing agar ikut aktif mengubah cara usaha perikanannya dengan cara yang lebih baik. Harus diberi ilmu dan teknologi perikanan yang sesuai dengan perkembangannya. Merobah pola pikir dan tindakan masyarkat diperlukan pendekatan persuasif dengan cara berkomunikasi yang tepat dan tanpa paksaan.

Berdasarkan hal tersebut diatas bidang pengembangan usaha perikanan dan Penyuluh Perikanan dinas perikanan kabupaten kotawaringin barat melaksanakan kegiatan pelatihan menejemen usaha perikanan bagi kelompok pengolah dan pemasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2017  bertempat di Aula hotel andika pangkalan Bun, selama dua hari. Pelatihan ini diikuti 30 orang anggota POKLAHSAR 5 orang Penyuluh Perikanan  dan  3 orang  narasumber yaitu Dinas Perikanan Pak Hermanto, S.Pi Kepala Seksi Perizinan dan Pendaftaran Usaha Perikanan menyampaikan materi tentang manajemen usaha dan pengembangan usaha menghadapi MEA dan pasar global dan sekaligus

meningkatkan pemahaman pelaku usaha pengolah hesil perikanan tentang bahan tambahan yang berbahaya bagi produk olahan perikanan agar produk olahan perikanan yang dihasilkan memberikan jaminan keamanan pangan bagi konsumen, Dinas Koprasi Pak Philipus menyampaikan materi pengetahuan umum tentang membuat laporan keuangan serta sosialisasi tanda pencatatan usaha pembudidayaan ikan (TPUPI). Dan Perwakilan UKM Saripah Salma memberikan pelatihan teknis cara pembuatan produk olahan ikan menjadi stik ikan, tarol dan bakso ikan.

Kegiatan Pelatihan Menejemen Usaha Perikanan Bagi kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) di Kecamatan Arsel, Kecamatan Kumai dan Kecamatan Pangkalan Lada. Kepala Bidang pengembangan usaha perikanan yang di wakili oleh Ir. Hepy, M.Si dinas perikanan Kabupaten kotawaringin Barat, mengatakan bahwa dengan pelatihan ini peserta diharapkan dapat menambah variasi menu ikan dalam mengembangkan usaha olahan ikan dan menularkan ilmu yang didapatkan kepada kelompok lain atau masyarakat sekitar sehingga masyarakat lebih familiar dengan masakan serba ikan dan yang paling penting lagi agar para peserta yang mengikuti acara pelatihan ini dapat memanfaatkan atau diterapkan pada usaha pengolahan sehingga produk yang dihasilkan kompetitif dan siap bersaing menghadapi Masyarkat Ekonomi Asian (MEA). Kelompok ini diharapkan kedepannya dapat berkembang dan berjalan dengan baik, dinas perikanan akan selalu memberikan perhatian khusus dan pendampingan bagi kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) yang sterdaftar di dinas perikanan kabupaten kotawaringin barat. Harapan dari Dinas Perikanan kegiatan pelatihan ini dapat di laksanakan tiap tahun sehingga dapat meningkatkan minat dari kelompok-kelompok perikanan untuk mengembangkan usaha di bidang pengolahan hasil perikanan.

Pangkalan Bun 28 Juli 2017

Share This Post

Related Articles
Leave A Comment