KEPALA DINAS BESERTA SELURUH JAJARAN  DINAS PERIKANAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT  MENGUCAPKAN SELAMAT HARI  IKAN NASIONAL (HARKANNAS) YANG KE 4 TAHUN 2017

Pawai Nasi Adab Dalam Rangka Memperingati Hut Kabupaten Kotawaringin Barat Ke-57

Pawai Nasi Adab Dalam Rangka Memperingati Hut Kabupaten Kotawaringin Barat Ke-57

Pawai Nasi Adab Dalam Rangka Memperingati Hut Kabupaten Kotawaringin Barat Ke-57

 

Budaya lokal Indonesia memang sangat beraneka ragam. Kekayaan budaya lokal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan daya tarik wisata yang tinggi di dunia.

Budaya-budaya lokal menghasilkan tradisi dan adat istiadat yang spesifik untuk masing-masing wilayah. Tradisi dan adat-istiadat setiap daerah, jika dikelola dengan baik, bisa menjadi salah satu sumber pendapatan bidang pariwisata daerah tersebut.

Selain itu, budaya lokal mengandung kearifan universial yang membuatnya menjadi dasar hubungan manusia dengan alam, manusia dengan sesama manusia dan manusia dengan sang Penciptanya. Budaya-budaya lokal yang ada tentu memiliki kaitan humanis dengan budaya lainnya.

Maka dari itu untuk memperingati hari Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ke-57 yang juga megadakan  pawai nasi adap yang berlangsung pada 4 Oktober 2017. Kami Dinas Perikanan mengikuti pawai nasi adab ini sebagai bentuk dukungan terhadap Kabupaten Kobar,” dalam gelaran yang diikuti oleh seluruh komponen masyarakat kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji.

Pawai Nasi Adab sendiri, merupakan tradisi lokal masyarakat Kobar. Saat peringatan hari jadi, pawai Nasi Adab menjadi simbol keselamatan, kerukunan dan keberagaman suku. Dalam kegiatannya, para peserta biasanya menampilkan berbagai seni dan budaya. Dari menghias kendaraan untuk mengarak nasi adab hingga pertunjukan seni. Kebudayaan daerah atau budaya lokal, tercermin dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, setiap daerah tentunya memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda-beda dengan daerah lainnya. Sedangkan Pawai Nasi Adab sendiri merupakan pawai keliling yang membawa nasi tumpeng berwarna kuning yang bahannya berasal dari beras ketan bukan hannya itu dalam pagelaran pawai nasi adap banyak peserta yang mengenakan kostum-kostum unik, Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati HUT Kabupaten Kobar “Harapan kami dalam HUT Kobar ini, semoga Kobar semakin maju dalam segala aspek sehingga masyarakatnya semakin sejahtera.

Pawai dimulai dari jalan Pangeran Antasari depan rumah jabatan Bupati, kemudian masuk ke jalan Prakusuma Yudha dan finis di lapangan Termili. Masyarakat yang menyaksikan parade itu berasal dari berbagai daerah nampak memadati sepanjang jalan yang dilewati para peserta pawaibegitu pula dengan anak anak mereka sangat bersemangat mengikuti acara tersebut sambil mengumpulkan pernak-pernik pawai. Tak jarang pula dari mereka yang mengabadikan momen tahunan itu dengan kamera handphone sebagai kenang-kenangan.

 

Share This Post

Related Articles
Leave A Comment