Dinas Perikanan dan Seluruh Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat yang ke 59 "Kerja nyata, Karya Bersama"

BPPP Banyuwangi dan Dinas Perikanan Kobar Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

BPPP Banyuwangi dan Dinas Perikanan Kobar Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

BPPP Banyuwangi dan Dinas Perikanan Kobar Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pelatihan pembesaran ikan lele bagi pembudidaya ikan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pelatihan tersebut berlangsung pada 22-26 Oktober 2018 di Balai Benih Ikan Pinang Merah Dinas Perikanan Kobar, diikuti sebanyak 30 peserta yang merupakan penerima bantuan sarana dan prasarana dari KKP pada tahun 2018.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plt Sekretaris Dinas Perikanan Kobar Hepy. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan produktivitas para pembudidaya ikan di Kabupaten Kobar.

Sumartini selaku koordinator widyaiswara dari BPPP banyuwangi juga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program BPPP Banyuwangi sebagai tindaklanjut bantuan sarana dan prasarana dari Direktorat Jenderal Budidaya KKP Republik Indonesia.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah para pembudidaya ikan yang mendapat bantuan sapras dari KKP, berupa bibit maupun kolam setelah itu baru dari balai pelatihan dan penyuluhan memberi pelatihan sehinga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pembudidaya, dan juga meningkatkan produksi para pembudidaya sehingga dengan meningkatnya hasil budidaya ikan maka perekonomian pembudidaya akan semakin baik,” tutur Sumartini, Senin (22/10).

Pada kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu, juga dilakukan praktik pembesaran budidaya ikan lele yang berlokasi di Balai Benih Ikan (BBI) Pinang Merah milik Dinas Perikanan Kobar. Praktik tersebut meliputi cara penebaran benih, perhitungan dosis pemberian pakan, cara pembuatan pakan buatan dari bahan baku lokal, pembuatan fermentasi untuk mengurai kotoran yang menumpuk pada dasar kolam agar mengurangi bau pada air media pemeliharaan.

Diakhir kegiatan, Samidi, perwakilan peserta, menyampaikan ucapan terima kasih kepada instruktur pelatihan dari BPPP Banyuwangi dan Dinas Perikanan Kobar. Dan berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan, baik yang langsung dari  Dinas Perikanan maupun dari Kementerian.

“Terimakasih kepada insruktur pelatihan dan Dinas Perikanan. Ilmu yang sangat bermanfaat ini, akan kami terapkan pada kegiatan usaha kami, semoga dapat meningkatkan hasil produksi,” ucap Samidi. (Razak)

Share This Post

Related Articles
Leave A Comment